Jumat, 29 April 2016

perangkat komputer



Tugas : Aplikasi Komputer
Hari/tanggal : Kamis, 17 Maret 2016
Dosen : Agus Faisal Asyha, M.Pd.I

PERANGKAT-PERANGKAT DALAM KOMPUTER
1.      Perangkat Keras (Hardware)
Hardware adalah perangkat keras computer yang dapat di sentuh atau diraba secara langsung oleh manusia dengan kata lain memiliki wujud atau bentuk secara fisik yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan yang ada pada dirinya atau yang biasa disebut instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang diperintahkan oleh pengguna (brainware) melalui instruction set.
Secarara fisik, computer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu system. System adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tersebut tidak berfungsi maka akan mengakibatkan tidak berfungsi dengan baik proses-proses yang ada pada computer. Berdasarkan fungsinya, perangkat keras computer dibagi menjadi 5, yaitu:
1.      Input divice (unit masukan),
2.      Process divice (unit pemrosesan),
3.      Output divice (unit keluaran),
4.      Backing storage (unit penyimpanan),
5.      Peripheral (unit tambahan).

a.      Input divice (unit masukan)
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luat ke dalam suatu memori yang kemudian diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam system computer dapat berupa signal input dan maintenance input. Signal input dapat berbentuk data yang dimasukkan ke dalam computer sedangkan maintenance input dapat berupa program yang digunakan untuk mengelola data yang dimasukkan. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
·         Peralatan input langsung, yaitu input ynag dimasukan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh: keyboard, mouse, touch screen, light pen, scanner.
·         Peralatan input tidak langsung, yaitu pemasukkan data melalui media tertentu. Contoh: disket, hardisk.
a.       Keyboard, berfungsi memasukkan angka, hufuf, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
b.      Mouse, fungsi alat ini untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat.  Selain itu juga berfungsi sebagai perintah praktis dan cepat dibandingkan dengan keyboard.
c.       Light pen, adalah ponter elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan signal cahaya ke signal computer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekan enam signal elektronik setiap baris per detik.
d.      Scanner, adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan kedalam memori computer. Fungsi scenner ini mirip dengan mesin fotocopy, perbedaannya pada mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas, namun pada scenner hasilnya hanya dapat dilihat di layar monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan modifikasi atau perbaikan yang kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file teks atau file gambar.
e.       Barcode, berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal secara vertical yang kemudian diterjemahkan kedalam bentuk angka.
f.       Joy stick dan games paddle, alat ini biasa digunakan sebagai sarana bermain game, yang dilengkapi dengan tombol-tombol yang berfungsi untuk menggerakkan objek dalam computer.

b.      Process device (input pemrosesan)
Input pemrosesan yaitu perangkat computer yang berfungsi untuk memproses sebuah data yang dimasukkan melalui alat input. Adapun perangkat-perangkat pemrosesan adalah sebagai berikut:
a.    Power supplay, adalah suatu piranti elektronik yang berguna untuk memberikan sumber daya kepada perangkat yang lainnya, seperti listrik.
b.   RAM (Random Access Memory), berfungsi untuk penyimpanan data sementara. RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan utama dalam computer untuk mengubah informasi dengan aktif.
c.    VGA Card, biasa disebut dengan kartu grafis yang berguna untuk penghubung pengiriman data grafis antar PC dan perangkat display seperti proyektor, monitor, dan lain-lain.
d.   Prosesor, atau biasa disebut dengan CPU berfungsi sebagai otak computer. Prosesor adalah komponenyang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untuk bisa digunakan menjelajah internet, menjalankan sisten operasi anda, dan lain-lain.
e.    Motherboard, merupakan papan utama tempaat berbagai komponen elektronik bisa saling terhubung anatar perangkat. Motherboard ini sebagai tempat lalu lintasnya data.

c.       Output device (Unit pengeluaran)
      Output device adalah perangkat yang digunakan untuk memunculkan hasil keluaran tau menyampaikan suatu informasi kepada user. Adapun unit pengeluaran adalah sebagai berikut:
a.    Monitor, merupakan salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor.
b.   Printer, merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan dengan computer yang berfungsi untuk menghasilkan cetakan baik berupa gambar ataupun tulisan pada media kertas atau yang sejenisnya.jenis printer ada 3, yaitu printer Dot Metrix, printer Ink Jet, dan printer Laser Jet.
c.    Speaker, adalah transduser yang mengubah signal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.


d.      Backing storage (unit penyimpanan)
      Backing storage adalah media untuk penyimpanan suatu data secara tetap. Adapun unit penyimpanan adalah sebagai berikut yaitu:
a.    Harddisk, berfungsi untuk tempat penyimpanan data sekunder, yang di dalamnya berisi piringan magnetis. Data yang disimpan tidak akan hilang saat tidak diberikan tegengan listrik (non volatile).
b.   Optical Disk Drive, atau sering dikenal dengan DVD Drive, CD Drive, atau ODD. Berfungsi untuk membaca dan menyimpan data dari media cakram optic.

e.       Peripheral (unit tambahan)
Peripheral adalah perangkat tambahan pada komponen computer atau sebelumnya belum ada dalam computer. Adapun perangkat tambahan dalam computer sebagai berikut;
a.    Kartu suara (sound card), merupakan perangkat yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.

2.      Perangkat lunak (Software)
           Perangkat lunak (software) adalah perangkat yang terdiri dari program-program computer yang berfungsi untuk menjalankan suatu pekerjaan yang sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh user. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin computer untuk menyimpan perintah, baik itu berupa dokumen, data, atau arsip lainnya. Secara umum perangkat lunak dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: system operasi, system bahasa pemrogaman, dan perangkat lunak aplikasi.
1.      System operasi
     System operasi adalah system yang berfungsi untuk mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada system computer dan menghubungkan sumber daya tersebut dengan user atau dengan program lain sehingga program yang ada dalam computer dapat mengakses dan menggunakan sumber daya tersebut. System operasi adalah system yang menyediakan sekumpulan layanan (system calls) kepada user sehingga memudahkan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya system computer. Adapun contoh system operasi adalah Dos, Linux, Unix, Ms Windows, Macintosh.
2.      System bahasa pemrograman
       Language program yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman kedalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh computer. Program ini berfungsi untuk mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia kedalam format yang dapat dijalankan oleh computer. Adapun macam-macam perangkat lunak bahasa adalah sebagai berikut:
a.    Bahasa tingkat rendah, merupakan bahasa yang digunakan oleh computer itu sendiri. Contoh: Assembly Language, RPG (Repeat Program General).
b.   Bahasa tingkat menengah, bahasa dalam computer yang menggunakan singkatan dan sudah mendekati bahasa sehari-hari. Contoh: Program Fortran (Formula Transator).
c.    Bahasa tingkat tinggi, merupakan bahasa computer yang sudah dikembangkan dan dibuat dengan bahasa sehari-hari. Contoh: Basic, Cobol, Pascal.

3.      Perangkat lunak aplikasi
a.    Program Aplikasi (Aplication Program)
            Program aplikasi adalah suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Program aplikasi dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:
1.      Pengelolahan kata (word processor), misalnya: Ms. Word, Ms. Star, Ms. Perfect.
2.      Pengelolahan angka (spread processor), misalnya: Exel, Lotus, Quattro pro.
3.      Pengelolahan data (database), misalnya: Ms. Access, Dbase, Foxpro.
4.      Pengelolahan citra (drawing), misalnya: Corel Draw, Adobe Photoshop, 3DStudio.

3.      Brainware (user)
           Brainware adalah seseorang yang mengoprasikan hardware dan software untuk saling bekerja sama antara satu dengan yang lain. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mampu mengekspoitasi kinerja dari hardware dan software. Antara hardware, software, dan brainware memiliki hubungan yang sangat berkesinambungan. Apabila salah satu dari komponen tersebut tidak ada atau tidak berfungsi maka computer tidak dapat bekerja dengan baik. Adapun contoh brainware yaitu:
ü User atau operator, yaitu orang yang bertugas untuk mengoprasikan computer.
ü Administrator, yaitu orang yang mampu mengatur system kerja, urutan, dan pengelolahan data sampai ke proses output.
ü Programmer, yaitu orang yang membuat sebuah program yang kemudian digunakan oleh para user atau administrator.
ü System analis, yaitu orang yang membuat skema global tentang system program yang kemudian dikerjakan oleh programmer.
ü Teknisi, yaitu orang yang bertugas dan memiliki wewenang untuk melakukan perawatan dan perbaikan terhadap system computer yang mengalami kerusakan.

0 komentar:

Posting Komentar