Tugas : Aplikasi Komputer
Hari/tanggal : Kamis, 17 Maret 2016
Dosen : Agus Faisal Asyha, M.Pd.I
PERANGKAT-PERANGKAT DALAM KOMPUTER
1.
Perangkat Keras (Hardware)
Hardware adalah
perangkat keras computer yang dapat di sentuh atau diraba secara langsung oleh
manusia dengan kata lain memiliki wujud atau bentuk secara fisik yang berfungsi
untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah
yang telah ditentukan yang ada pada dirinya atau yang biasa disebut instruction
set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut
dapat melakukan berbagai kegiatan yang diperintahkan oleh pengguna (brainware)
melalui instruction set.
Secarara fisik,
computer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu system. System
adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan.
Apabila salah satu komponen tersebut tidak berfungsi maka akan mengakibatkan
tidak berfungsi dengan baik proses-proses yang ada pada computer. Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras computer dibagi menjadi 5, yaitu:
1.
Input divice (unit masukan),
2.
Process divice (unit pemrosesan),
3.
Output divice (unit keluaran),
4.
Backing storage (unit penyimpanan),
5.
Peripheral (unit tambahan).
a.
Input divice (unit masukan)
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luat ke
dalam suatu memori yang kemudian diolah guna menghasilkan informasi yang
diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam system computer dapat berupa signal
input dan maintenance input. Signal input dapat berbentuk data yang dimasukkan
ke dalam computer sedangkan maintenance input dapat berupa program yang
digunakan untuk mengelola data yang dimasukkan. Berdasarkan sifatnya, peralatan
input dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
·
Peralatan input langsung, yaitu input ynag dimasukan langsung
diproses oleh alat pemroses. Contoh: keyboard, mouse, touch screen, light pen,
scanner.
·
Peralatan input tidak langsung, yaitu pemasukkan data melalui media
tertentu. Contoh: disket, hardisk.
a.
Keyboard, berfungsi
memasukkan angka, hufuf, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file.
b.
Mouse, fungsi alat ini untuk memindahkan pointer
atau kursor secara cepat. Selain itu
juga berfungsi sebagai perintah praktis dan cepat dibandingkan dengan keyboard.
c.
Light pen, adalah
ponter elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan
screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan signal
cahaya ke signal computer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja
dengan merekan enam signal elektronik setiap baris per detik.
d.
Scanner, adalah
sebuah alat yang digunakan untuk mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang
kemudian disimpan kedalam memori computer. Fungsi scenner ini mirip dengan
mesin fotocopy, perbedaannya pada mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada
kertas, namun pada scenner hasilnya hanya dapat dilihat di layar monitor
terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan modifikasi atau perbaikan yang
kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file teks atau file gambar.
e.
Barcode,
berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis
tebal secara vertical yang kemudian diterjemahkan kedalam bentuk angka.
f.
Joy stick dan games paddle, alat ini biasa digunakan sebagai sarana bermain game, yang
dilengkapi dengan tombol-tombol yang berfungsi untuk menggerakkan objek dalam
computer.
b.
Process device (input pemrosesan)
Input pemrosesan yaitu perangkat computer yang berfungsi untuk
memproses sebuah data yang dimasukkan melalui alat input. Adapun
perangkat-perangkat pemrosesan adalah sebagai berikut:
a.
Power supplay, adalah suatu piranti elektronik yang berguna untuk memberikan
sumber daya kepada perangkat yang lainnya, seperti listrik.
b.
RAM (Random Access Memory), berfungsi untuk penyimpanan data sementara. RAM biasanya digunakan
untuk penyimpanan utama dalam computer untuk mengubah informasi dengan aktif.
c.
VGA Card, biasa
disebut dengan kartu grafis yang berguna untuk penghubung pengiriman data
grafis antar PC dan perangkat display seperti proyektor, monitor, dan
lain-lain.
d.
Prosesor, atau
biasa disebut dengan CPU berfungsi sebagai otak computer. Prosesor adalah
komponenyang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untuk
bisa digunakan menjelajah internet, menjalankan sisten operasi anda, dan
lain-lain.
e.
Motherboard,
merupakan papan utama tempaat berbagai komponen elektronik bisa saling
terhubung anatar perangkat. Motherboard ini sebagai tempat lalu lintasnya data.
c.
Output device (Unit pengeluaran)
Output device adalah perangkat yang digunakan untuk memunculkan hasil
keluaran tau menyampaikan suatu informasi kepada user. Adapun unit pengeluaran
adalah sebagai berikut:
a.
Monitor, merupakan
salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal
elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor.
b.
Printer, merupakan
sebuah perangkat keras yang dihubungkan dengan computer yang berfungsi untuk
menghasilkan cetakan baik berupa gambar ataupun tulisan pada media kertas atau
yang sejenisnya.jenis printer ada 3, yaitu printer Dot Metrix, printer Ink Jet,
dan printer Laser Jet.
c.
Speaker, adalah
transduser yang mengubah signal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara
menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
d.
Backing storage (unit penyimpanan)
Backing storage adalah
media untuk penyimpanan suatu data secara tetap. Adapun unit penyimpanan adalah
sebagai berikut yaitu:
a.
Harddisk,
berfungsi untuk tempat penyimpanan data sekunder, yang di dalamnya berisi
piringan magnetis. Data yang disimpan tidak akan hilang saat tidak diberikan
tegengan listrik (non volatile).
b.
Optical Disk Drive, atau sering dikenal dengan DVD Drive, CD Drive, atau ODD. Berfungsi
untuk membaca dan menyimpan data dari media cakram optic.
e.
Peripheral (unit tambahan)
Peripheral adalah perangkat tambahan pada komponen computer atau
sebelumnya belum ada dalam computer. Adapun perangkat tambahan dalam computer
sebagai berikut;
a.
Kartu suara (sound card), merupakan perangkat yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan
merekam suara.
2.
Perangkat lunak (Software)
Perangkat lunak (software) adalah
perangkat yang terdiri dari program-program computer yang berfungsi untuk
menjalankan suatu pekerjaan yang sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh user.
Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin computer untuk menyimpan
perintah, baik itu berupa dokumen, data, atau arsip lainnya. Secara umum
perangkat lunak dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: system operasi, system bahasa
pemrogaman, dan perangkat lunak aplikasi.
1.
System operasi
System operasi adalah
system yang berfungsi untuk mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada
system computer dan menghubungkan sumber daya tersebut dengan user atau dengan
program lain sehingga program yang ada dalam computer dapat mengakses dan
menggunakan sumber daya tersebut. System operasi adalah system yang menyediakan
sekumpulan layanan (system calls) kepada user sehingga memudahkan penggunaan
serta pemanfaatan sumber daya system computer. Adapun contoh system operasi
adalah Dos, Linux, Unix, Ms Windows, Macintosh.
2.
System bahasa pemrograman
Language program yaitu
program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis
dalam bahasa pemrograman kedalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami
oleh computer. Program ini berfungsi untuk mengkonversikan arsitektur dan
algoritma yang dirancang manusia kedalam format yang dapat dijalankan oleh
computer. Adapun macam-macam perangkat lunak bahasa adalah sebagai berikut:
a.
Bahasa tingkat rendah, merupakan bahasa yang digunakan oleh
computer itu sendiri. Contoh: Assembly Language, RPG (Repeat Program General).
b.
Bahasa tingkat menengah, bahasa dalam computer yang menggunakan
singkatan dan sudah mendekati bahasa sehari-hari. Contoh: Program Fortran
(Formula Transator).
c.
Bahasa tingkat tinggi, merupakan bahasa computer yang sudah
dikembangkan dan dibuat dengan bahasa sehari-hari. Contoh: Basic, Cobol,
Pascal.
3.
Perangkat lunak aplikasi
a.
Program Aplikasi (Aplication Program)
Program aplikasi
adalah suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk
diterapkan pada bidang tertentu. Program aplikasi dibedakan menjadi beberapa
jenis yaitu sebagai berikut:
1.
Pengelolahan kata (word processor), misalnya: Ms. Word, Ms. Star,
Ms. Perfect.
2.
Pengelolahan angka (spread processor), misalnya: Exel, Lotus,
Quattro pro.
3.
Pengelolahan data (database), misalnya: Ms. Access, Dbase, Foxpro.
4.
Pengelolahan citra (drawing), misalnya: Corel Draw, Adobe
Photoshop, 3DStudio.
3.
Brainware (user)
Brainware adalah seseorang yang mengoprasikan hardware dan software
untuk saling bekerja sama antara satu dengan yang lain. Brainware juga dapat
diartikan sebagai perangkat intelektual yang mampu mengekspoitasi kinerja dari
hardware dan software. Antara hardware, software, dan brainware memiliki
hubungan yang sangat berkesinambungan. Apabila salah satu dari komponen
tersebut tidak ada atau tidak berfungsi maka computer tidak dapat bekerja
dengan baik. Adapun contoh brainware yaitu:
ü User atau
operator, yaitu orang yang bertugas untuk mengoprasikan computer.
ü Administrator,
yaitu orang yang mampu mengatur system kerja, urutan, dan pengelolahan data
sampai ke proses output.
ü Programmer,
yaitu orang yang membuat sebuah program yang kemudian digunakan oleh para user
atau administrator.
ü System analis,
yaitu orang yang membuat skema global tentang system program yang kemudian
dikerjakan oleh programmer.
ü Teknisi, yaitu
orang yang bertugas dan memiliki wewenang untuk melakukan perawatan dan perbaikan
terhadap system computer yang mengalami kerusakan.
0 komentar:
Posting Komentar